Hai Pembaca Kalian Tahukan Sekarang Ini Pengedar Narkoba Sudah Sangat Banyak. Bahkan Mungkin Sekarang Ini Kalau Diperhatikan Bisa Sampai Ratusan Orang DAN Bahkan Banyak Pula ORang Yang Telah Meninggal Akibat Narkoba, Oleh Karena Itu Kita Sebagai Rakyat Indonesia Serta Blogger Anti Narkoba Harus Memberantas Narkoba (Narik Kolor Baba) Dari Muka Bumi Ini. Untuk Itu Kalian Pasang Logo Ini Sebagai Bukti Bahwa Anda juga Membenci Narkoba.

ASA - Narkoba

Forum Aliansi Anti Narkoba (ASA-NARKOBA) :

Suatu bentuk pemberdayaan pranata sosial lokal dalam menangani penyalahgunaan narkoba di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat

Irmayani & Kanya Eka Santi

ABSTRAK

Penyalahgunaan narkoba akhir-akhir ini menunjukkan gejala yang semakin memprihatinkan baik dari segi jumlah pengguna dan variasi narkoba serta cara penggunaanya. Kondisi tersebut menggugah keprihatinan di kalangan pranata sosial (baik bentukan pemerintah maupun non pemerintah/LSM) untuk terlibat dalam penanganan masalah penyalahgunaan narkoba. Meskipun sudah cukup signifikan, namun kegiatan pranata-pranata sosial tersebut belum sepenuhnya efektif karena hambatan keterbatasan kapasitas dan lemahnya jaringan koordinasi. Oleh sebab itu, Pusat Pengembangan Ketahanan Sosial Masyarakat pada tahun 2003 menawarkan suatu model pemberdayaan pranata sosial dalam menangani masalah narkoba.

Melalui metode partisipatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan 2 cara yaitu Diskusi Kelompok Terarah (FGD) dan Teknik Partisipasi (TOP) maka model yang ditawarkan tidak sepenuhnya dapat diterapkan karena disesuaikan dengan kondisi forum dan masyarakat setempat. Model yang diterapkan adalah kombinasi antara model yang ditawarkan dengan rencana aksi berdasarkan aspirasi anggota forum sendiri.

Akhirnya terbentuklah Forum ASA-Narkoba yang mempunyai program kegiatan dalam hal penanggulangan penyalahgunaan narkoba melalui kegiatan preventif edukatif. Walau terdapat beberapa hambatan dalam melaksanakan kegiatan namun banyak pula tanggapan positif dari instansi pemerintah maupun masyarakat terhadap keberadaan forum ini. Pada tahun 2004 ini forum ASA-Narkoba berencana menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, hal ini menunjukkan efektifnya pemberdayaan pranata sosial melalui forum ini dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba di Kota Mataram.

0 anti narkoba:

Posting Komentar

pakailah komentar dengan baik.